Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ERP Enterprise Resource Planning

SCHOOREM

Teknologi informasi telah mengubah cara kita hidup & cara kita melakukan bisnis. ERP, atau Enterprise Resource Planning, adalah salah satu sistem perangkat lunak perusahaan yang paling banyak digunakan di berbagai industri & organisasi.

Dalam artikel singkat ini, kami akan mencoba menjelaskan secara singkat konsep dasar namun penting terkait ERP.

Apa itu ERP - ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning. Definisi ERP mengacu pada perangkat lunak ERP & strategi bisnis penerapan sistem ERP. Implementasi ERP menggunakan berbagai aplikasi perangkat lunak ERP untuk meningkatkan kinerja organisasi untuk

1) perencanaan sumber daya,

2) pengendalian manajemen, &

3) pengendalian operasional.

Perangkat lunak ERP terdiri dari beberapa modul perangkat lunak yang mengintegrasikan aktivitas semua fungsi - mulai dari perencanaan produk, pembelian suku ca&g, kontrol inventaris, distribusi produk hingga pelacakan pesanan. Sebagian besar sistem perangkat lunak ERP menyertakan modul aplikasi untuk mendukung operasi bisnis umum - keuangan, akuntansi, & sumber daya manusia.

Sistem ERP - ERP bukan hanya perangkat lunak komputer. Sistem ERP terdiri dari perangkat lunak ERP, proses bisnis, pengguna, & perangkat keras yang menjalankan perangkat lunak ERP. Sistem ERP bukan hanya penjumlahan dari bagian atau komponennya. Komponen berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama: untuk merampingkan & meningkatkan proses bisnis organisasi.

Sejarah ERP - Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan evolusi dari Manufacturing Requirements Planning (MRP) II pada tahun 1980 se&gkan MRP merupakan evolusi dari Inventory Management & Control warehouse yang dibuat pada tahun 1960.

ERP telah berkembang dari mengkoordinasikan proses manufaktur menjadi mengintegrasikan proses backend di seluruh perusahaan. Secara teknologi, ERP telah berpindah dari implementasi lama ke arsitektur klien-server multi-tier yang lebih fleksibel.

Manfaat ERP - Perangkat lunak ERP bertujuan untuk mengintegrasikan proses bisnis lintas departemen ke dalam satu sistem informasi bisnis. Manfaat utama ERP adalah peningkatan koordinasi antar fungsi & peningkatan efisiensi dalam menjalankan bisnis.

Implementasi sistem ERP juga memfasilitasi manajemen sehari-hari. Sistem ERP asli dirancang dengan ambisius untuk mendukung bagian perencanaan sumber daya dari perencanaan strategis. Faktanya, perencanaan sumber daya telah menjadi mata rantai terlemah dalam praktik ERP karena kompleksitas perencanaan strategis & kurangnya integrasi ERP yang tepat dengan sistem pendukung keputusan (DSS).

Kegagalan ERP - Kami tidak dapat mengakhiri panduan kecil kami tentang ERP tanpa menyebutkan kegagalan ERP. Kegagalan proyek ERP bernilai jutaan dolar terkadang dilaporkan bahkan setelah 20 tahun implementasi ERP.

Kami telah mengidentifikasi empat komponen sistem ERP:

1) perangkat lunak ERP,

2) proses bisnis yang didukung oleh perangkat lunak ERP,

3) pengguna sistem ERP, &

4) perangkat keras & sistem operasi yang menjalankan aplikasi tersebut. .

Kegagalan satu atau lebih dari keempat komponen ini dapat menyebabkan kegagalan proyek ERP.

ERP Enterprise Resource Planning

 

Posting Komentar untuk "ERP Enterprise Resource Planning"